Bisnis

Bila kemarin kita sudah membahas tujuan umum orang berbisnis, batasan-batasan menjalankan bisnis, lalu bagaimana kita harus memulai bisnis?

Hal utama yang harus kita persiapkan sebelum memulai berbisnis adalah niat dan kemauan kuat dari dalam diri kita untuk berubah, tentu berubah menjadi seorang pebisnis/pengusaha. Allah SWT dalam QS ar-ra’du ayat 11 memberikan penjelasan kepada kita :

“Sesungguhnya Allah SWT tidak akan merubah suatu kaum, sebelum kaum tersebut merubah apa yang ada dalam dirinya”.

Memulai Bisnis
Kendala umum yang dihadapi oleh kita, ketika kita sudah mempunyai keinginan memulai bisnis adakalanya modal, ide bisnis ataupun. skill Namun anda ndak perlu cemas, karena berbisnis sebenarnya bisa kita lakukan dengan menggunakan laverage, yakni menggunakan kekuatan orang lain. Adapun kekuatan orang lain yang bisa kita gunakan dalam membangun bisnis adalah modal, keahlian, ide, tenaga dan waktu orang lain.

Modal

Membangun bisnis tidak selalu harus di awali dengan modal besar. Kita bisa memualai dengan modal yang kecil bila memang niat kita sudah bulat untuk memulai membangun sebuah  usaha. Orang-orang sukses dalam membangun bisnis disekitar kita, mayoritas juga di awali dari modal kecil dan juga langka-langka kecil. Namun apabila ternyata modal ini tidak kita miliki, kita bisa menggunakan modal orang lain untuk membangun bisnis.

Ya… modal orang lain. Hanya saja, modal ini haruslah halal sehingga kelak bisnis yang kita bangun ini membawa keberkahan. Lalu bagaimana kita menggunakan modal orang lain ini untuk menggunakan bisnis? Islam mengajarkan kepada kita dengan cara melakukan syirkah mudlorobah, perserikatan dua orang atau lebih dimana satu pihak menjadi pengelola dan pihak lainnya menjadi pemodal. Inilah cara syar’iey yang di ajarkan di dalam Islam.

Keahlian

Jangan takut menjalankan bisnis bila tidak memiliki keahlian. Saya hari ahad, 5 Juni 2011 lalu satu forum di seminar Enterpreneurship yang diadakan STITM Kediri, dengan orang luar biasa,  Bapak Tiok owner bakso Radja yang saat ini memiliki 9 outlet di beberapa kota. Sebagai pengusaha automotif, tentu beliau tidak menguasai perihal pembuatan bakso.

Begitu pula dengan  saya, dalam membangun bisnis  catering aqiqahberkah.com, sayapun tidak punya keahlian untuk memasak sate, gule, kambing guling, krengsengan, lapis, tongseng atau olahan masakan lain berbasis kambing tersebut. Kita berdua dan mayoritas pengusaha lain sebenarnya juga menggunakan keahlian orang lain untuk membangun bisnis.

Ide

Bila anda mempunyai modal, tetapi tidak punya ide bisnis. Maka sangat mudah bagi anda untuk memulai bisnis. Anda tinggal menggandeng orang lain, atau perusahaan orang lain yang sudah berjalan, dengan cara bekerjasama. Bisa dengan syirkah (kelak akan kita bahas sampai tuntas apa dan bagaimana syirkah) atau waralaba. Hanya untuk waralaba ini, anda harus memerika barang yang dijual (halal haramnya) dan tentu yang paling urgent adalah aqad (perjanjian) kerjanya, pastikan tidak ada pelanggaran terhadap hukum islam.

Tenaga dan waktu

Hmm, jangan keras-keras. Ternyata dalam membangun bisnis kita juga bisa menggunakan tenaga dan waktu orang lain lho. Ya mengangkat karyawan, hakikatnya adalah menggunakan tenaga dan waktu orang lain. Syirkah, bila kita berposisi sebagai pemodal, maka kita hakikatnya juga telah menggunakan orang lain dalam menjalankan bisnis.

Insan mulia sukses berkah, insya Allah kita bisa memulai untuk menjalan bisnis. Karena ternyata kita bisa menggunakan kekuatan orang lain dalam membangun bisnis.

Bila anda ingin diskusi lebih lanjut silahkan dengan saya di facebook? Follow saya di kaa Inspirator Sukses Berkah.

Salam Sukses Berkah!
K.Abdul Aziz|Inspirator Sukses Berkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: