Menjadi Mitra Bisnis Idaman

meetingAsisten mengerjakan apa yang Anda perintahkan, tetapi seorang mitra mengetahui apa yang Anda butuhkan tanpa Anda harus berusaha keras membuat mereka mengerti. Kadang mitra yang ideal juga bisa memberikan solusi yang justru tidak pernah terlintas dalam pikiran kita. Semua orang ingin memiliki seorang mitra yang menyenangkan dalam membangun bisnisnya.

Tetapi kita sering lupa bahwa mencari dan menuntut orang lain untuk menjadi mitra yang ideal bagi kita tanpa perbaikan dari diri kita adalah sebuah keegoisan tersendiri. Itulah pentingnya bagi kita untuk memiliki karakteristik mitra ideal sebelum mencari seorang mitra bisnis. 

Berikut adalah lima karakteristik mitra ideal yang harus Anda miliki sebelum mendapatkan mitra ideal. Selamat menyimak!

  • Menyelesaikan dengan baik: Anda sebagai mitra mengetahui apa yang dibutuhkan atau mampu merancang solusi. Anda juga percaya diri saat membuat keputusan tanpa mitra lain. Melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin adalah salah satu poin karakteristik penting dalam mengelola bisnis dengan sukses. Sering kita menemui orang-orang dengan gelar akademis yang tinggi yang kurang memenuhi syarat ini. Mitra Anda kelak tidak bisa sendirian membuat setiap keputusan bisnis atau memberikan tindak lanjut terhadap satu tindakan.
  • Rekomendasikan ide Anda sendiri: Seberapa sering Anda merekomendasikan ide yang brilian yang orang lain belum pernah ketahui mungkin untuk diterapkan? Jika Anda bekerjasama dengan orang-orang yang lebih cerdas dan berbakat dari Anda, mitra Anda harus lebih sering terkejut dengan ide-ide dan solusi baru mereka.
  • Bersemangat dan bersikap positif: Anda harus bisa bersikap positif dan menunjukkan passion dalam berbisnis sebagaimana dulu saat baru memulai. Sebagai mitra bisnis ideal, Anda merasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap setiap tindakan yang Anda ambil. Anda mampu meyakinkan orang lain di sekitar Anda dengan tindakan Anda dan memastikan orang lain memahami gambaran besarnya. Selain itu cobalah untuk berbicara dengan percaya diri dan penuh pertimbangan daripada berbicara dengan nada defensif.
  • Lebih banyak mendengar daripada berbicara: Jadilah anggota tim yang mampu berperan sebagai pendengar yang baik, yang bisa menjadi andalan saat sebuah solusi dibutuhkan. Bagi sebuah tim yang masih perlu banyak belajar dan menimba pengalaman, orang lain mengharapkan untuk bekerja dengan Anda atau ikut berkontribusi dalam pengelolaan dan penentuan arah bergeraknya perusahaan.
  • Hindari narsisismeEnergi, percaya diri dan pesona Anda membuat Anda terlihat cerdas tetapi jangan sampai Anda terjebak menjadi entrepreneur yang terlalu berorientasi pada upaya menonjolkan prestasi diri sendiri dengan menolak saran orang lain hanya karena Anda berpikir itu akan merongrong wibawa Anda. Saat Anda berpikir bahwa orang lain tidak memiliki sesuatu yang patut Anda pelajari atau hal berguna yang bisa Anda terapkan, saat itulah Anda sudah menjadi sosok narsis. Hindari untuk menjadi sosok yang mengakui semua pujian yang ditujukan untuk prestasi yang dicapai tim. Bukan hal yang membanggakan untuk selalu menemukan seseorang untuk menjadi kambing hitam atas kegagalan dan masalah yang menimpa. (*/Akhlis)

Original Source : http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/12617-menjadi-mitra-bisnis-idaman.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: